mengalami mata minus atau rabun jauh (miopia)

 Pasti Smart Mom pernah mendengar nasihat agar memakaikan kacamata sementara Si Kecil divonis mengalami mata minus atau rabun jauh (miopia) bersama alasan, kenakan kacamata dapat menyebabkan mata minus Si Kecil berkurang, atau lebih-lebih pulih sendiri.

Benarkah hal itu?

Menurut Retno Sasanti Wulandari, SpM, berasal dari RS Premier Bintaro, kacamata merupakan alat bantu yang digunakan agar mata Si Kecil menjadi rileks dan kekuatan melihatnya menjadi baik. Selain itu, kacamata pun efektif untuk menunjang mata agar tidak gampang capek.

Di sisi lain, mata minus sendiri masuk dalam kategori masalah refraksi. Tidak tersedia obyek tertentu kapan perlu pulih dan apa obatnya. Singkat kata, nasihat yang menyebut mata minus dapat pulih dikarenakan rutin mengfungsikan kacamata, merupakan mitos yang kurang akurat.

Bagaimana bersama mitos kebalikannya? Klinik Gangguan Mata

Di satu sisi tersedia petunjuk untuk kenakan kacamata agar minus Si Kecil berkurang, tetapi di sisi lain terlihat termasuk mitos yang menyebut mata minus dapat jadi tambah kalau Si Kecil benar-benar kerap kenakan kacamata, atau mengfungsikan kacamata bersama proses buka-pakai.

Mengenai hal ini, dr Tri Rahayu, SpM, FIACLE, berasal dari RS Jakarta Eye Center, Kedoya, Jakarta Barat, menyebut kalau mitos ini pun tidak benar.

Lebih lanjut lagi, dr Tri menerangkan kalau mata minus berjalan dikarenakan faktor bola mata yang lebih panjang. Saat Si Kecil tumbuh, otomatis bola matanya pun dapat ikut tumbuh. Hal inilah yang menyebabkan mata minus Si Kecil dapat jadi tambah pula Orthokeratology .

Selain itu, minus terhadap mata pun dapat jadi tambah dikarenakan Si Kecil miliki kebiasaan membaca dalam jarak yang benar-benar dekat, menatap layar gadget di ruangan yang kurang penerangan, membaca sambil tiduran dan lainnya. Jadi tidak tersedia interaksi antara mata minus bersama kacamata.

Hal yang mirip pun berlaku sementara Si Kecil mengfungsikan kacamata bersama proses membuka pakai. Menurut dr Syumarti SpM(K), MSc, CEH berasal dari RS Mata Cicendo Bandung, mata minus tidak dapat tergoda oleh seberapa kerap Si Kecil mengfungsikan dan membebaskan kacamatanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perawatan Tangan dan Kaki

Tips Asyik Jadi Wisatawan Ramah Lingkungan

Cara Ampuh Singkirkan Rayap berasal dari Rumah